Home » , » Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang

Posted by SDS



Pulau Kaposong, pulau kecil dari gugusan pulau lainnya di Sulawesi selatan. Pulau ini adalah lokasi yang pas untuk kamu para pecinta diving. Perairan jernih dan tak tercemar. Berenang bersama ikan kecil warna-warni, terumbu karangnya yang bagus, dan berenang bersama penyu adalah tawaran menarik yang harus kamu dicoba. Pulau Kaposong menjadi lokasi tempat bertelurnya penuyu sisik, jadi tak heran bila di perairan Kaposong kamu akan menemukan banyak penyu di lautnya.

Pulau Kapoposang merupakan obyek wisata bahari yang cukup terkenal. Pulau Kapoposang merupakan satu dari ratusan pulau kecil di jajaran kepulauan spermonde Selat Makassar. Namun secara administratif termasuk dalam wilayah Kab. Pangkep. Pulau yang termasuk dalam Kawasan Wisata Kepulauan (KWP) ini lumayan luas dan dikeliling pasir putih. Ada sekitar 100 KK yang bermata pencaharian sebagai nelayan yang tinggal di sini. Sebagian besar menetap di bagian utara dan timur pulau. Terdapat mesjid di tengah-tengah yang jalanannya sebagian sudah dibeton.

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang terletak di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Jarak dari Kota Makassar sekitar 68 kilometer (42 mil). Sebenarnya untuk mendapatkan akses menuju Pulau Kapoposang, Anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, Anda diharuskan menyewa kapal paling murah adalah 1,2 juta belum termasuk makan. Eits, tapi kita punya tipsnya biar menghemat biaya nih. Simak baik-baik!
  1. Arahkan perjalanan anda ke daerah pelabuhan paotere, Makassar. Anda akan menggunakan kapal tradisional yang dipakai bukan terletak di pelabuhan besar paoterenya melainkan memilih area kanal tempat dimana perahu “jolloro” (perahu tradisional makassar) berlabuh. Tempatnya sekitar 30 meteran dari gerbang pelabuhan Paotere.
  2. Pilih kapal yang ingin ke Pulau Gondong Bali, kepulauan Kapoposang. Harga yang harus dibayar kesana adalah Rp. 25.000 sekali pergi. Untuk jadwal kapal ke Pulau Gondong Bali biasanya hari Rabu dan Sabtu dengan jadwal berangkat ke pulau yaitu pukul 10:00 pagi memerlukan waktu 5 jam untuk sampai yaitu pada pukul 15:00. Sekedar bocoran info nama pemilik kapal ato kaptennya Pak Taufik, info ini seharusnya Anda ketahui karena hanya satu kapal yang berangkat ke sana.
  3. Karena tidak ada kapal reguler menuju Pulau Kapoposang, Anda harus menyewa perahu jolloro dari gondong bali. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu ke pulau kapoposang yaitu sekitar Rp 100.000 dengan estimasi waktu 30 menit dengan jarak 3 mil. Anda juga bisa berbagi misalnya 5 orang membayar masing-masing 20 ribu.
  4. Untuk akses balik Anda bisa membuat perjanjian dengan pemilik perahu jolloro untuk dijemput dengan waktu yang telah disepakati kembali ke pulau Gondong Bali

Wisata di Pulau Kapoposang


Sebagai destinasi wisata bahari andalan di Provinsi Sulawesi Selatan, Pulau Kapoposang mempunyai potensi pesona bawah air yang sangat memanjakan mata para pengunjung dan siap untuk dieksplor di Pulau ini. Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pulau Kapoposang antara lain menyelam, snorkeling, memancing, melihat habitat penyu, dan menyaksikan panorama sunset serta sunrise.
Menyelam dan snorkeling sangat menyenangkan karena terumbu karang di sekitar pulau ini cukup sehat dan indah. Lagipula, kondisi perairan yang jernih dan tidak tercemar. Berbagai jenis ikan berwarna-warni seperti menari ceria menyambut wisatawan. Ada beberapa titik andalan bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona bawah air Pulau Kapoposang antara lain Titik Penyelaman Gua (Cave Point), Titik Hiu (Shark Point), dan Titik Penyelaman Penyu (Turtle Point).
Beberapa tempat menyelam masing-masing menawarkan keunikannya tersendiri. Shark Point dan Tanjung Point merupakan tempat favorit karena banyak ikan di sana. Ada juga Aquarium point yang menyerupai akuarium dengan wrasse (ikan laut kecil) bermain di antara koral lunak dan karang.
Lebih jauh ke selatan, terdapat atol besar di tengah laut yang disebut Takabakang. Tempat ini merupakan favorit pemancing dan spear fishing. Arus di sana cukup kuat sehingga disukai ikan ikan besar seperti gerombolan tuna, schooling grouper, giant trevally, dan cod.
Habitat penyu adalah keindahan di sisi yang lain. Pantai Pulau Kapoposang menjadi tempat hewan langka ini bertelur. Wisatawan dapat menyaksikan tingkah penyu tanpa boleh mengganggu mereka. Hewan ini dilindungi.

Fasilitas dan Akomodasi di Pulau Kapoposang


Di pulau Kapoposan terdapat resor yang dikelola oleh PT Makassar Tirta Wisata. Resor ini dilengkapi restoran dan fasilitas olahraga. Wisatawan juga dapat menyewa kapal pesiar berbobot 20 ton untuk menyeruak lautan mengantarkan ke lokasi penyelaman dan pemancingan favorit. Selain itu terdapat juga sebuah dive resort dan juga beberapa home stay yang dikelola masyarakat.
Fasilitas penyelaman biasanya diatur oleh dive operator yang berada di kota Makasar. Daya tarik utama penyelaman di Pulau Kapoposang adalah kondisi perairan yang jernih, dengan visibility yang baik dan titik-titik penyelaman berupa drop off dan daerah berarus yang banyak di huni oleh ikan-ikan pelagis seperti halnya tuna, hiu dan sesekali mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus yang melintas.

Hampir semua titik penyelaman menawarkan penyelaman dalam, walau ada pula penyelaman dangkal yang tidak kalah menariknya. Beberapa overhang bisa menjadi objek foto yang spektakuler. Semua titik penyelaman terletak disekitar pulau dengan waktu tempuh sekitar 5 – 30 menit dari tempat anda menginap.

0 komentar:

Post a Comment

DONASI

REK. PAYPAL : gm.ropiiq@gmail.com

Popular Posts